• +62 813-6263-4946 (current)
  • adm.sman7slm@gmail.com
  • DAFTAR ANGGOTA ONLINE
  • MEMBER AREA
  • PERPANJANG BUKU ONLINE
  • BUKU TAMU
  • LOGIN
  • Select Language :
    Arabic Bengali Brazilian Portuguese English Espanol German Indonesian Japanese Malay Persian Russian Thai Turkish Urdu

PERPUSTAKAAN SMA NEGERI 7 LHOKSEUMAWE

NPP: 1174021E01000001

  • Home
  • Profil
    Sejarah Visi-Misi,Tujuan & Sasaran Program Kerja Struktur Organisasi Renstra Kerjasama SOP Jam Layanan Pustakawan Kontak
  • Media Belajar
    Buku Digital
    • Buku Digital BSE
    • Ebook Kemdikbud
    • Pustaka Digital Kemdikbud
    • Sumber Belajar Kemdikbud
    • Ebook Perpustakaan Nasional RI
    • Keraton Nusantara
    • Pernaskahan Nusantara
    • Pusaka Indonesia
    • Kepustakaan Tokoh Pahlawan P. Diponegoro
    • Kepustakaan Tokoh Pahlawan Jenderal Soedirman
    • Kepustakaan Tokoh Perfilman
    • Khasanah Pustaka Nusantara
    • Perpuspedia
    • Literasi Kanker Indonesia
    Pencarian
    • Indonesia One Search
    • DOAJ
    • Google Scholar
    • Scopus
    • JDIH
    • Katalog Induk Nasional
    Access E-book
    • E-Book PNRI
    • E-Book SINTA KEMDIKBUD
    • E-Book Sciencedirect
    • Ebook PDF Drive
    • Elsevier Books
    • Science Direct Books
    Koleksi Pustaka Kami
    • Buku Paket Guru Kelas X
    • Buku Paket Guru Kelas XI
    • Buku Paket Guru Kelas XII
    • Buku Paket Kelas X
    • Buku Paket Kelas XI
    • Buku Paket Kelas XII
    • Buku Penunjang pembelajaran
    • Buku Penunjang pembelajaran
    • Buku Referensi
    • Buku Fiksi
    • DVD
    • Ebook Karya Siswa
    • Ebook Waqaf
    • Ebook
    • Ebook Fiksi
    • Ebook Karya Guru
    • Puisi
  • Panduan
    Buku Panduan Perpustakaan
  • Layanan
    Jam Layanan Sirkulasi Referensi Bebas Pustaka Keanggotaan
  • Koleksi
    Buku Paket Guru Kelas X Buku Paket Guru Kelas XI Buku Paket Guru Kelas XII Buku Paket Kelas X Buku Paket Kelas XI Buku Paket Kelas XII Buku Penunjang pembelajaran Buku Penunjang pembelajaran Buku Referensi Buku Fiksi DVD Ebook Karya Siswa Ebook Waqaf Ebook Ebook Fiksi Ebook Karya Guru Puisi
  • Katalog Online
  • News
  • Statistik

Search by :

ALL Author Subject ISBN/ISSN Advanced Search

Last search:

{{tmpObj[k].text}}

Program Kerja


BAB I

PENDAHULUAN

 

A.  Latar Belakang

Kita semua menyadari bahwa kemajuan suatu bangsa amat bergantung pada kualitas sumber daya manusianya. Demikian pula dalam upaya mewujudkan masyarakat Indonesia yang berkualitas tinggi tidak bisa lepas dari pendidikan. Kegiatan memajukan pendidikan diIndonesia telah dilakukan antara lain melalui peningkatan pendidikan yang diwujudkan dalam Undang-undang Nomor 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional (Sisdiknas). Pasal 1 menyebutkan, bahwa pendidikan adalah usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik secara aktif mampu mengembangkan potensi dirinya untuk memiliki kekuatan spiritual keagamaan, pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan, akhlak mulia, serta ketrampilan yang diperlukan dirinya, masyarakat, bangsa dan negara.

Salah satu sarana dalam menunjang proses belajar dan mengajar di sekolah adalah perpustakaan. Perpustakaan sekolah dewasa ini bukan hanya merupakan unit kerja yang menyediakan bacaan guna menambah pengetahuan dan wawasan bagi murid, tapi juga merupakan bagian yang integral pembelajaran. Artinya, penyelenggaraan perpustakaan sekolah harus sejalan dengan visi dan misi sekolah dengan mengadakan bahan bacaan bermutu yang sesuai kurikulum, menyelenggarakan kegiatan yang berkaitan dengan bidang studi, dan kegiatan penunjang lain, misalnya berkaitan dengan peristiwa penting yang diperingati di sekolah.

Perpustakaan ialah wadah bagi siswa, guru, dan warga sekolah lainnya yang bermanfaat memperkaya ilmu pengetahuan masing-masing individu.Perpustakaan sekolah akan lebih bermanfaat jika benar-benar memperlancar pencapaian tujuan proses pembelajaran disekolah. Indikasi manfaat tersebut tidak hanya tingginya prestasi peserta didik, tetapi lebih jauh lagi, antara lain peserta didik mampu mencari, menemukan, menyaring dan menilai informasi, terbiasa belajar sendiri, terlatih bertanggung jawab, serta selalu mengikuti perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi.

 

Perpustakaan berkembang pesat dari waktu ke waktu menyesuaikan dengan perkembangan pola kehidupan masyarakat, kebutuhan, pengetahuan, dan teknologi informasi. Perkembangan tersebut juga membawa dampak kepada "pengelompokkan" perpustakaan berdasarkan pola-pola kehidupan, kebutuhan, pengetahuan, dan teknologi informasi tadi. Istilah-istilah perpustakaan "membengkak" menjadi sangat luas namun cenderung mempunyai sebuah spesifikasi tertentu. Dilihat dari perkembangan teknologi informasinya perpustakaan berkembang dari perpustakaan tradisional, semi-tradisional, elektronik, digital hingga perpustakaan "virtual". Kemudian dilihat dari pola kehidupan masyarakat berkembang mulai perpustakaan desa, perpustakaan masjid, perpustakaan pribadi, perpustakaan keliling, dan sebagainya. Kemudian juga dilihat dari perkembangan kebutuhan dan pengetahuan sekarang ini banyak bermunculan istilah perpustakaan umum, perpustakaan khusus, perpustakaan anak-anak, perpustakaan sekolah, perpustakaan akademik (perguruan tinggi), perpustakaan perusahaan, dan lain sebagainya.

Karena pentingnya keberadaan perpustakaan sekolah maka ada sebuah pepatah mengatakan "Perpustakaan sebagai jantung sebuah lembaga pendidikan". Oleh karena itu sudah selayaknya mendapatkan porsi dan posisi yang strategis guna merealisasikan visi dan misi sekolah. Dari berbagai sudut pemikiran diatas, Pengelola Perpustakaan SMA Negeri 7 Lhokseumawe  berupaya melakukan terobosan dan revitalisasi peran dan fungsi perpustakaan sekolah untuk mendukung program dan visi-misi sekolah. Berbagai program dan terobosan yang direncanakan, diharapkan dapat memberi ruang yang lebih besar agar perpustakaan sekolah sebagai center of knowledge (pusat ilmu pengetahuan) dapat terealisasi secara optimal.

B.  Visi dan Misi Perpustakaan Sekolah         _______________________________________

VISI :

“Mewujudkan Perpustakaan Sekolah  sebagai salah satu sumber belajar untuk membentuk generasi yang Cerdas,Berakhlak Mulia, Berwawasan Global dan berbasis IT”

MISI :

  1. Menyediakan layanan berbasis digital;
  2. Menyediakan sumber ilmu pengetahuan dan teknologi berupa bahan pustaka cetak dan digital;
  3. Mengedepankan layanan prima bagi pemustaka;
  4. Mengumpulkan, mengelola dan memasarkan koleksi unggul SMA Negeri 7 Lhokseumawe.
  5. Mengembangkan perpustakaan keislaman dan keilmuan berbasis teknologi
  6. Memberikan layanan kepada pengguna perpustakaan sesuai dengan perkembangan teknologi informasi.

C.  Landasan Progam Kegiatan

Terwujudnya perpustakaaan sekolah yang berdaya guna dan berhasil guna di sekolah, menjadi pusat kegiatan belajar mengajar, dan terbinanya peserta didik menjadi gemar membaca, bisa membaca. Untuk pembinaan dan pengembangan tersebut dapat dipetik beberapa langkah sebagai landasan antara lain :

  1. Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional;
  2. Peraturan Pemenrintah Republik Indonesia Nomor 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan;
  3. Undang-Undang Nomor 43 Tahun 2007 tentang Perpustakaan;
  4. Standar Nasional Indonesia Bidang Perpustakaan dan Kepustakawan yang dikeluarkan oleh Perpustakaan Nasional Republik Indonesia Tahun 2011;
  5. Standar Nasional Perpustakaan (SNP) yang dikeluarkan oleh Perpustakaan Nasional Republik Indonesia Tahun 2011;
  6. Standar perpustakaan sekolah tingkat Internasional seperti Pedoman Perpustakaan Sekolah yang dikeluarkan oleh IFLA/UNESCO Tahun 2006.  

D.   Tujuan Perpustakaan Sekolah

Tujuan Umum

Menjadi perpustakaan sekolah berbasis ICT  serta pusat IPTEK dan sumber belajar warga sekolah guna mendukung kegitan belajar mengajar di sekolah dan merealisasikan visi misi serta suksesnya program perpustakaan.

 Tujuan Khusus

  1. Mengembangkan bakat, minat, kemampuan, dan kebiasaan membaca khususnya serta  mendayagunakan budaya tulisan dalam berbagai disiplin ilmu pengetahuan
  2. Mengembangkan kemampuan mencari dan mengolah serta memanfaatkan informasi;
  3. Mendidik siswa agar memelihara dan memanfaatkan bahan pustakaan secara tepat guna dan berhasil guna;
  4. Memupuk dan mengembangkan minat dan bakat siswa dengan cara mengembangkan kemampuan mencari dan mengolah serta memanfaatkan informasi, memelihara dan memanfaatkan bahan pustaka secara tepat guna danberhasil gunapada proses pembelajaran mandiri.
  5. Menumbuhkan penghargaan siswa terhadap pengalaman imajinatif;
  6. Mengembangkan kemampuan berpikir kritis, reflektif  dan berusaha untuk  memecahkan masalah  yang dihadapi atas tanggungjawab dan usaha sendiri.

TUJUAN STRATEGIK

  1. Memberikan layanan informasi melalui penyediaan koleksi yang berkualitas dan komprehensif menuju terbentuknya masyarakat akademis yang berkualitas;
  2. Meningkatkan diseminasi informasi yang berorientasi pada kepuasan pemakai berbasis teknologi informasi;
  3. Meningkatkan pemanfaatan teknologi informasi dan infrastruktur untuk mendukung pengembangan jasa perpustakaan dan informasi;
  4. Mengembangkan pola kemitraan dalam rangka menuju layanan prima.

E.  Fungsi Perpustakaan Sekolah

Perpustakaan digital juga dapat dijadikan sebagai salah satu alternatif  pengembangan sumber belajar disekolah untuk menghadapi kemajuan perkembangan teknologi terutama teknologi informasi dan komunikasi. Dalam kaitan dengan kurikulum yang diterapkan di SMA Negeri 7 Lhokseumawe, perpustakaan sekolah berfungsi:

  1. Melancarkan pengembangan yang sistematis tentang cara mengumpulkan, menyimpan, dan mengorganisasi informasi dan pengetahuan dalam format digital.
  2. Mengembangkan pengiriman informasi yang hemat dan efisien disemua sektor.
  1. Wadah atau wahana pengetahuan, administrasi dan organisasi yang sesuai sehinggamemudahkan  penggunaannya.
  2. Sumber rujukan (reference centre) siswa, guru, tenaga bimbingan, tenaga administrasi danpegawai yang berada dibawah naungan SMA Negeri 10 Padang.
  3. Sarana pendukung dalam proses belajar mengajar, guna mencapai tujuan pendidikan nasional
  4. Pusat informasi bagi kegiatan belajar mengajar
  5. Sumber yang menyediakan bahan-bahan yang bermanfaat bagi kegiatan penunjang kegiatanbelajar mengajar, seperti kegiatan yang berkaitan dengan budaya, seni, kreasi dan budaya.

F. Sasaran Perpustakaan Sekolah

1. Para siswa SMA Negeri 7 Lhokseumawe

2. Kepala Sekolah dan Guru SMA Negeri 7 Lhokseumawe

3. Staf administrasi dan tatalaksana SMA Negeri 7 Lhokseumawe 

 

 

BAB II

RENCANA KEGIATAN PERPUSTAKAAN

 

2.1 Struktur Organisasi

Struktur organisasi terlampir

2.2 Uraian Tugas

2.2.1 Pembina / Penanggung Jawab :

  1. Bertanggung jawab secara umum agar Perpustakaan dapat berdaya guna dan berhasil guna sesuai dengan Undang-undang No.2 Tahun 1989 Pasal 3 tentang Penyelenggaraan Pendidikan.
  2. Memberikan pembinaan melalui kursus-kursus atau mengikutsertakan Petugas Perpustakaan dalam   Pelatihan-pelatihan yang diadakan oleh Dinas Pendidikan, Kantor Perpustakaan Daerah untuk meningkatkan Skill petugas perpustakaan.
  3. Mengalokasikan Dana Perpustakaan untuk :
  • Perbaikan sarana / ruang Perpustakaan.
  • Menambah Koleksi buku-buku Perpustakaan.
  • Meningkatkan Kesejahteraan Petugas Perpustakaan.

2.2.2 Koordinator :

a. Sebagai Koordinator Perpustakaan bertugas :

  • Membuat Program Perpustakaan baik jangka pendek, menengah dan jangka panjang.
  • Mengadakan kerjasama dengan Pustakaan Umum baik Kabupaten, Propinsi atau nasional dan Perpustakaan Sekolah lainnya.
  • Membuat Laporan Penanggungjawaban Pelaksanaan Perpustakaan setiap tahunnya.

b. Sebagai Bagian Pengadaan Bahan Pustaka, bertugas :

  • Menyusun rencana pengadaan bahan-bahan pustaka.
  • Mengadakan pembelian bahan-bahan pustaka.
  • Mengajukan permohonan penambahan buku baik ke perpustakaan maupun dinas pendidikan.

c. Sebagai Bagian Pengolahan Bahan Pustaka, bertugas :

  • Membuat Buku Induk Perpustakaan.
  • Mengklasifikasi Bahan Pustaka.
  • Membuat katalogisasi Bahan Pustaka.
  • Membuat Grafik Pengunjung, Peminjam dan Buku yang Dipinjam.
  • Membuat Pelayanan Informasi.

2.2.3    Bagian Pelayanan :

  1. Melayani pengguna Perpustakaan baik peminjam / pengunjung / pembaca perpustakaan.
  2. Menyusun bahan pustaka agar sesuai dengan kelasnya.
  3. Menghitung jumlah Pengunjung / Pembaca / Peminjam Buku Perpustakaan setiap hari.
  4. Mendata keluar masuknya Koran / Majalah.
  5. Membuat Buku Induk Anggota.
  6. Menyusun Buku sesuai dengan Klasifikasinya.
  7. Pengecapan, penyampulan buku Perpustakaan.
  8. Merapikan dan membersihkan ruang Perpustakaan.
  9. Membantu bagian Pelayanan.

 2.2.4    Bagian teknis

      a. Mengidentifikasi kebutuhan buku koleksi perpustakaan

  1. Memproses pengolahan buku dari input, pengecapan dan pelabelan
  2. Menyusun buku sesuai dengan klasifikasinya
  3. Membuat klasifikasi buku dan penyampulan buku Perpustakaan
  4. Merapihkan dan membersihkan ruang Perpustakaan

2.2.5     Bagian Pemeliharaan

  1. Membersihkan rak-rak buku dan lemari dari debu.
  2. Menjaga keselamatan buku agar tetap rapi, bersih, tidak rusak dan kotor
  3. Merapikan buku-buku dalam rak buku sesuai dengan klassifikasinya.

 2.2.6     Kerja Rutin Harian :

  1. Memberi stempel pada buku-buku yang baru.
  2. Mengklasifikasi buku.
  3. Input buku baru
  4. Memasang Label barcode Buku.
  5. Memasang sampul buku.
  6. Menginventarisasikan di Buku Induk.
  7. Membuat Katalogisasi.
  8. Memasukaan buku pada rak, almari yang telah ditentukan menurut Sistem DDC.
  9. Melayani Sirkulasi Peminjaman dan Pengembalian Koleksi Perpustakaan.
  10. Merawat buku-buku yang rusak dan penjilidan.
  11. Mengarsip Karya Tulis siswa.
  12. Mengarsip Kliping Siswa.

2.2.7  Program kerja Bulanan :

            BULAN                                           PROGRAM KERJA

Juli

 

  • Mendata ulang fasilitas penunjang perpustakaan
  • Pengolahan bahan pustaka yang baru
  • Input koleksi buku baru
  • Membuat NIB, pengklasifikasian buku, catalog, cap, nomor punggung buku, dan sampul
  • Mendata ulang koleksi buku perpustakaan dan buku paket
  • Mendata buku paket yang rusak dan hilang
  • Memperbaiki buku yang rusak
  • Melayani pendaftaran anggota baru
  • Melayani peminjaman dan pengembalian
  • Memanggil peserta didik yang terlambat mengembalikan buku pinjaman.
  • Membuat laporan bulanan

Agustus

 

  • Pengolahan bahan pustaka yang baru
  • Membuat NIB, pengklasifikasian buku, catalog, cap, nomor punggung buku, dan sampul
  • Mendata ulang koleksi buku perpustakaan dan buku paket
  • Mendata buku paket yang rusak dan hilang
  • Memperbaiki buku yang rusak
  • Melayani pendaftaran anggota baru
  • Melayani peminjaman dan pengembalian
  • Memanggil peserta didik yang terlambat mengembalikan buku pinjaman.
  • Melayani peminjaman dan pengembalian buku paket
  • Membuat laporan bulanan

September

 

  • Melayani peminjaman dan pengembalian
  • Memanggil peserta didik yang terlambat mengembalikan buku pinjaman.
  • Membuat jadwal wajib kunjung perpustakaan
  • Mengadakan lomba cipta puisi
  • Membuat laporan bulanan

Oktober

 

  • Melayani peminjaman dan pengembalian
  • Memanggil peserta didik yang terlambat mengembalikan buku pinjaman.
  • Mengadakan kegiatan wajib kunjung perpustakaan
  • Mengadakan lomba menulis cerpen
  • Membuat laporan bulanan

 

Nopember

 

 

  • Melayani peminjaman dan pengembalian
  • Memanggil peserta didik yang terlambat mengembalikan buku pinjaman.
  • Mengadakan lomba meresensi novel
  • Membuat laporan bulanan

Desember

 

  • Melayani peminjaman dan pengembalian
  • Memanggil peserta didik yang terlambat mengembalikan buku pinjaman.
  • Mengadakan lomba menulis essay
  • Membuat laporan bulanan

Januari

 

  • Melayani peminjaman dan pengembalian
  • Memanggil peserta didik yang terlambat mengembalikan buku pinjaman.
  • Membuat laporan bulanan

Februari

 

  • Melayani peminjaman dan pengembalian
  • Memanggil peserta didik yang terlambat mengembalikan buku pinjaman.
  • Membuat laporan bulanan

Maret

 

  • Melayani peminjaman dan pengembalian
  • Memanggil peserta didik yang terlambat mengembalikan buku pinjaman.
  • Resensi buku
  • Membuat jadwal wajib kunjung pustaka
  • Membuat laporan bulanan

April

 

  • Melayani peminjaman dan pengembalian
  • Memanggil peserta didik yang terlambat mengembalikan buku pinjaman.
  • Melakukan pendataan   untuk mendapat penghargaan dari perpustakaan  terhadap peserta didik dan guru sebagai pengunjung perpustakaan terbanyak 
  • Membuat laporan bulanan

Mei

 

  • Melayani peminjaman dan pengembalian
  • Memanggil peserta didik yang terlambat mengembalikan buku pinjaman.
  • Membuat laporan bulanan

Juni

 

  • Melayani peminjaman dan pengembalian
  • Memanggil peserta didik yang terlambat mengembalikan buku pinjaman.
  • Membuat penerbitan surat tanda bebas perpustakaan (STBP) bagi peserta didik kelas XII sebagai syarat pengambilan ijazah
  • Membuat laporan bulanan

 

2.2.8  Program Jangka Pendek

a.    Menyediakan dan menghimpun bahan pustaka, informasi, sesuai kurikulum sekolah;

b.    Menyediakan dan melengkapi fasilitas perpustakaan sesuai kebutuhan;

c.    Mengolah dan mengorganisasikan bahan pustaka dengan sistem tertentu shingga memudahkan penggunaannya;

d.   Melaksanakan layanan perpustakaan yang sederhana, mudah dan menarik;

e.    Meningkatkan minat baca murid, guru, dan staf tata laksana;

f.     Menambahkan koleksi bahan pustaka secara berkala untuk memenuhi kebutuhan pegguna layanan perpustakaan;

g.    Pembuatan proposal permintaan buku/majalah/jurnal pada beberapa lembaga/instansi/penerbit tertentu;

h.    Memelihara bahan pustaka agar tahan lama dan tidak cepat rusak.

i.      Menerbitkan kartu perpustakaan bagi siswa, guru dan staf tata laksana;

j.      Menerbitkan berbagai administrasi perpustakaan (kartu buku, kantong, lebeling, catalog buku, dll;

k.    Inventarisasi, klasifikasi dan katalogisasi bahan pustaka;

l.  Entry data anggota perpustakaan pada Sistim Informasi Perpustakaan (SIP);

m.Pelayanan peminjaman buku perpustakaan;

n. Penerbitan Surat Tandan Bebas Perpustakaan (STBP) bagi siswa kelas XII sebagai syarat pengambilan Ijazah;

o. Mengikuti beberapa lomba perpustakaan sekolah, baik tingkat kabupaten, provinsi atau nasional

2.2.10 Program Jangka Menengah

  a. Memasukkan data ke system informasi

  b. Penempelan barcode buku dan kelengkapan buku

  c. Memasang buku baru pada rak display

  d. Menyusun laporan kegiatan pengelolaan perpustakaan selama satu bulan

  e. Pemilihan duta baca

2.2.9 Program Jangka Panjang

a. Menerapkan sistem layanan perpustakaan berbasis ICT;

b. Menerapkan E-Library learning;

c. Merealisasikan kualitas dan kuantitas buku minimal 5.000 judul dengan 15.000 eks 

d. Pemilihan duta Literasi 

e. Terciptanya ruangan perpustakaan yang memadai, kondusif dan menyenangkan.

 

BAB III

PENUTUP

             Program kerja perpustakaan ini merupakan acuan, pedoman dan rencana untuk 1 tahun. Program kerja ini diharapkan dapat menjadi titik awal kemajuan perpustakaan SMAN 7 Lhokseumawe. Peran serta semua pihak sangat berpengaruh pada realisasi program ini. Karenanya, diharapkan semua pihak dapat terlibat baik secara langsung maupun tidak lagsung dalam rangka merealisasikan berbagai program yang telah dibuat. Dengan adanya pustaka digital di SMA Negeri 7 Lhokseumawe semakin memicu seluruh warga sekolah dalam meningkatkan mutu Pendidikan karena perpustakaan berbasis online sebagai salah satu sumber belajar mempermudah mengakses ilmu pengetahuan dapan dan di mana saja. Dan tentunya, kami selaku tenaga perpustakaan akan terus berbenah diri dengan meningkatkan sumber daya manusia dan profesionalisme, kinerja yang tinggi dengan menciptakan program-program perpustakaan yang kreatif dan inovatif serta terus menerus menambah koleksi e-book dari segala disiplin ilmu pengetahuan.

 

 

Mengetahui:                                                                                                                          Lhokseumawe, 13 Juli 2023

 

                                                

Drs. Mukhtaruddin, M. Pd                         IinKeumala, S. Pd

Nip.19660813199512 1001                                                                                                      NIP.198112122007012002

 

PERPUSTAKAAN SMA NEGERI 7 LHOKSEUMAWE
  • Information
  • Services
  • Librarian
  • Login Anggota

About Us

Perpustakaan SMA Negeri 7 Lhokseumawe Merupakan Perpustakaan Digital untuk mendukung proses belajar mengajar di lingkungan sekolah dan perpustakaan digital ini bisa dipakai oleh masyarakat secara umum


Statistik Pengunjung

Search

start it by typing one or more keywords for title, author or subject

Keep SLiMS Alive Want to Contribute?

© 2025 — Perpustakaan SMA Negeri 7 Lhokseumawe

Powered by SLiMS
Select the topic you are interested in
  • Computer Science, Information & General Works
  • Philosophy & Psychology
  • Religion
  • Social Sciences
  • Language
  • Pure Science
  • Applied Sciences
  • Art & Recreation
  • Literature
  • History & Geography
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Advanced Search