BAB I
PENDAHULUAN
A. Latar Belakang
Kita semua menyadari bahwa kemajuan suatu bangsa amat bergantung pada kualitas sumber daya manusianya. Demikian pula dalam upaya mewujudkan masyarakat Indonesia yang berkualitas tinggi tidak bisa lepas dari pendidikan. Kegiatan memajukan pendidikan diIndonesia telah dilakukan antara lain melalui peningkatan pendidikan yang diwujudkan dalam Undang-undang Nomor 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional (Sisdiknas). Pasal 1 menyebutkan, bahwa pendidikan adalah usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik secara aktif mampu mengembangkan potensi dirinya untuk memiliki kekuatan spiritual keagamaan, pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan, akhlak mulia, serta ketrampilan yang diperlukan dirinya, masyarakat, bangsa dan negara.
Salah satu sarana dalam menunjang proses belajar dan mengajar di sekolah adalah perpustakaan. Perpustakaan sekolah dewasa ini bukan hanya merupakan unit kerja yang menyediakan bacaan guna menambah pengetahuan dan wawasan bagi murid, tapi juga merupakan bagian yang integral pembelajaran. Artinya, penyelenggaraan perpustakaan sekolah harus sejalan dengan visi dan misi sekolah dengan mengadakan bahan bacaan bermutu yang sesuai kurikulum, menyelenggarakan kegiatan yang berkaitan dengan bidang studi, dan kegiatan penunjang lain, misalnya berkaitan dengan peristiwa penting yang diperingati di sekolah.
Perpustakaan ialah wadah bagi siswa, guru, dan warga sekolah lainnya yang bermanfaat memperkaya ilmu pengetahuan masing-masing individu.Perpustakaan sekolah akan lebih bermanfaat jika benar-benar memperlancar pencapaian tujuan proses pembelajaran disekolah. Indikasi manfaat tersebut tidak hanya tingginya prestasi peserta didik, tetapi lebih jauh lagi, antara lain peserta didik mampu mencari, menemukan, menyaring dan menilai informasi, terbiasa belajar sendiri, terlatih bertanggung jawab, serta selalu mengikuti perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi.
Perpustakaan berkembang pesat dari waktu ke waktu menyesuaikan dengan perkembangan pola kehidupan masyarakat, kebutuhan, pengetahuan, dan teknologi informasi. Perkembangan tersebut juga membawa dampak kepada "pengelompokkan" perpustakaan berdasarkan pola-pola kehidupan, kebutuhan, pengetahuan, dan teknologi informasi tadi. Istilah-istilah perpustakaan "membengkak" menjadi sangat luas namun cenderung mempunyai sebuah spesifikasi tertentu. Dilihat dari perkembangan teknologi informasinya perpustakaan berkembang dari perpustakaan tradisional, semi-tradisional, elektronik, digital hingga perpustakaan "virtual". Kemudian dilihat dari pola kehidupan masyarakat berkembang mulai perpustakaan desa, perpustakaan masjid, perpustakaan pribadi, perpustakaan keliling, dan sebagainya. Kemudian juga dilihat dari perkembangan kebutuhan dan pengetahuan sekarang ini banyak bermunculan istilah perpustakaan umum, perpustakaan khusus, perpustakaan anak-anak, perpustakaan sekolah, perpustakaan akademik (perguruan tinggi), perpustakaan perusahaan, dan lain sebagainya.
Karena pentingnya keberadaan perpustakaan sekolah maka ada sebuah pepatah mengatakan "Perpustakaan sebagai jantung sebuah lembaga pendidikan". Oleh karena itu sudah selayaknya mendapatkan porsi dan posisi yang strategis guna merealisasikan visi dan misi sekolah. Dari berbagai sudut pemikiran diatas, Pengelola Perpustakaan SMA Negeri 7 Lhokseumawe berupaya melakukan terobosan dan revitalisasi peran dan fungsi perpustakaan sekolah untuk mendukung program dan visi-misi sekolah. Berbagai program dan terobosan yang direncanakan, diharapkan dapat memberi ruang yang lebih besar agar perpustakaan sekolah sebagai center of knowledge (pusat ilmu pengetahuan) dapat terealisasi secara optimal.
B. Visi dan Misi Perpustakaan Sekolah _______________________________________
VISI :
“Mewujudkan Perpustakaan Sekolah sebagai salah satu sumber belajar untuk membentuk generasi yang Cerdas,Berakhlak Mulia, Berwawasan Global dan berbasis IT”
MISI :
C. Landasan Progam Kegiatan
Terwujudnya perpustakaaan sekolah yang berdaya guna dan berhasil guna di sekolah, menjadi pusat kegiatan belajar mengajar, dan terbinanya peserta didik menjadi gemar membaca, bisa membaca. Untuk pembinaan dan pengembangan tersebut dapat dipetik beberapa langkah sebagai landasan antara lain :
D. Tujuan Perpustakaan Sekolah
Tujuan Umum
Menjadi perpustakaan sekolah berbasis ICT serta pusat IPTEK dan sumber belajar warga sekolah guna mendukung kegitan belajar mengajar di sekolah dan merealisasikan visi misi serta suksesnya program perpustakaan.
Tujuan Khusus
TUJUAN STRATEGIK
E. Fungsi Perpustakaan Sekolah
Perpustakaan digital juga dapat dijadikan sebagai salah satu alternatif pengembangan sumber belajar disekolah untuk menghadapi kemajuan perkembangan teknologi terutama teknologi informasi dan komunikasi. Dalam kaitan dengan kurikulum yang diterapkan di SMA Negeri 7 Lhokseumawe, perpustakaan sekolah berfungsi:
F. Sasaran Perpustakaan Sekolah
1. Para siswa SMA Negeri 7 Lhokseumawe
2. Kepala Sekolah dan Guru SMA Negeri 7 Lhokseumawe
3. Staf administrasi dan tatalaksana SMA Negeri 7 Lhokseumawe
BAB II
RENCANA KEGIATAN PERPUSTAKAAN
2.1 Struktur Organisasi
Struktur organisasi terlampir
2.2 Uraian Tugas
2.2.1 Pembina / Penanggung Jawab :
2.2.2 Koordinator :
a. Sebagai Koordinator Perpustakaan bertugas :
b. Sebagai Bagian Pengadaan Bahan Pustaka, bertugas :
c. Sebagai Bagian Pengolahan Bahan Pustaka, bertugas :
2.2.3 Bagian Pelayanan :
2.2.4 Bagian teknis
a. Mengidentifikasi kebutuhan buku koleksi perpustakaan
2.2.5 Bagian Pemeliharaan
2.2.6 Kerja Rutin Harian :
2.2.7 Program kerja Bulanan :
BULAN | PROGRAM KERJA |
Juli
|
|
Agustus
|
|
September
|
|
Oktober
|
|
Nopember
|
|
Desember
|
|
Januari
|
|
Februari
|
|
Maret
|
|
April
|
|
Mei
|
|
Juni
|
|
2.2.8 Program Jangka Pendek
a. Menyediakan dan menghimpun bahan pustaka, informasi, sesuai kurikulum sekolah;
b. Menyediakan dan melengkapi fasilitas perpustakaan sesuai kebutuhan;
c. Mengolah dan mengorganisasikan bahan pustaka dengan sistem tertentu shingga memudahkan penggunaannya;
d. Melaksanakan layanan perpustakaan yang sederhana, mudah dan menarik;
e. Meningkatkan minat baca murid, guru, dan staf tata laksana;
f. Menambahkan koleksi bahan pustaka secara berkala untuk memenuhi kebutuhan pegguna layanan perpustakaan;
g. Pembuatan proposal permintaan buku/majalah/jurnal pada beberapa lembaga/instansi/penerbit tertentu;
h. Memelihara bahan pustaka agar tahan lama dan tidak cepat rusak.
i. Menerbitkan kartu perpustakaan bagi siswa, guru dan staf tata laksana;
j. Menerbitkan berbagai administrasi perpustakaan (kartu buku, kantong, lebeling, catalog buku, dll;
k. Inventarisasi, klasifikasi dan katalogisasi bahan pustaka;
l. Entry data anggota perpustakaan pada Sistim Informasi Perpustakaan (SIP);
m.Pelayanan peminjaman buku perpustakaan;
n. Penerbitan Surat Tandan Bebas Perpustakaan (STBP) bagi siswa kelas XII sebagai syarat pengambilan Ijazah;
o. Mengikuti beberapa lomba perpustakaan sekolah, baik tingkat kabupaten, provinsi atau nasional
2.2.10 Program Jangka Menengah
a. Memasukkan data ke system informasi
b. Penempelan barcode buku dan kelengkapan buku
c. Memasang buku baru pada rak display
d. Menyusun laporan kegiatan pengelolaan perpustakaan selama satu bulan
e. Pemilihan duta baca
2.2.9 Program Jangka Panjang
a. Menerapkan sistem layanan perpustakaan berbasis ICT;
b. Menerapkan E-Library learning;
c. Merealisasikan kualitas dan kuantitas buku minimal 5.000 judul dengan 15.000 eks
d. Pemilihan duta Literasi
e. Terciptanya ruangan perpustakaan yang memadai, kondusif dan menyenangkan.
BAB III
PENUTUP
Program kerja perpustakaan ini merupakan acuan, pedoman dan rencana untuk 1 tahun. Program kerja ini diharapkan dapat menjadi titik awal kemajuan perpustakaan SMAN 7 Lhokseumawe. Peran serta semua pihak sangat berpengaruh pada realisasi program ini. Karenanya, diharapkan semua pihak dapat terlibat baik secara langsung maupun tidak lagsung dalam rangka merealisasikan berbagai program yang telah dibuat. Dengan adanya pustaka digital di SMA Negeri 7 Lhokseumawe semakin memicu seluruh warga sekolah dalam meningkatkan mutu Pendidikan karena perpustakaan berbasis online sebagai salah satu sumber belajar mempermudah mengakses ilmu pengetahuan dapan dan di mana saja. Dan tentunya, kami selaku tenaga perpustakaan akan terus berbenah diri dengan meningkatkan sumber daya manusia dan profesionalisme, kinerja yang tinggi dengan menciptakan program-program perpustakaan yang kreatif dan inovatif serta terus menerus menambah koleksi e-book dari segala disiplin ilmu pengetahuan.
Mengetahui: Lhokseumawe, 13 Juli 2023
Nip.19660813199512 1001 NIP.198112122007012002